PANORAMA MATEMATIKA BY RISNINA WAFIQOH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester : Kelas X/Semester 2 Mata Pelajaran : Matematika-wajib Topik : Geometri Waktu : 4 X 45 menit A. Kompetensi Inti SMA Kelas X : 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan B. Kompetensi Dasar : 2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. 2.2. Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika. 2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan. 3.13. Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya. 4.13. Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan bangun ruang dalam menyelesaikan masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antata titik, garis dan bidang. C. Indikator Pencapaian Kompetensi  Terlibat aktif dalam pembelajaran geometri  Bekerjasama dalam kegiatan kelompok  Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif  Menemukan konsep dan prinsip geometri melalui pemecahan masalah otentik  Berkolaborasi memecahkan masalah aktual dengan pola interaksi sosial kultur  Berpikir tingkat tinggi dalam menyelidiki dan mengaplikasikan konsep dan prinsip-prinsip bangun datar dan ruang dalam geometri untuk memecahkan masalah otentik. D. Tujuan Pembelajaran Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran geometri ini diharapkan siswa terlibat aktifdalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, member saran dan kritik, serta dapat 1. Menemukan konsep dan prinsip geometri melalui pemecahan masalah otentik secara tepat, dan sistematis. 2. Berkolaborasi memecahkan masalah aktualdengan pola interaksi social kultur secara tepat dan kreatif. E. Materi 1. Sudut antara 2 garis dalam bangun ruang 2. Sudut antara garis dan bidang dalam ruang 3. Sudut antara dua bidang dalam ruang F. Model/Metode Pembelajaran  Pendekatan : scientific  Model pembelajaran : problem based learning  Metode : Diskusi dan tanya jawab G. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 1. Berdo’a sebelum pelajaran dimulai. 2. Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa karena msh diberi kesempatan untuk belajar sudut bangun ruang ciptaanNya 3. Guru mengajak siswa mengingat kembali trigonometri sudut istimewa,perbandingan trigonometri dan aturan cosinus 10 menit Inti Menanyakan 1. Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis, siswa diajak untuk memperhatikan benda yang ada disekitarnya dengan cara guru bertanya apakah kelas ini merupakan bangun ruang? Sudutnya yang mana saja? Mencoba/mengeksplorasi 2. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok 3. Guru membagikan lembar kerja siswa Siswa diberi Lembar Kerja Siswa (LKS) Mengamati 4. Siswa membaca dan memahami LKS (mengamati) 5. Siswa menuliskan beberapa masalah yang tidak dimengerti. (bertanya dan menalar) Mencoba/mengeksplorasi 6. Di dalam kelompok siswa mendiskusikan LKS yang diberikan . Mengasosiasikan 7. Guru membimbing agar siswa secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah tersebut. 8. Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru mengarahkan dengan menggunakan kerangka bangun ruang 9. Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan membimbing semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang mengalami kesulitan. Mengkomunikasikan 10. Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. kelompok lain menanggapi dan guru memberi penguatan. 11. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok 12. Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa untuk mengambil kesimpulan mengenai sudut pada bangun ruang 13. Guru megaskan siswa mengerjakan soal nomor 4 pada LKS.memberikan soal dalam bangun ruang. (membuat jejaring) 160 menit Penutup 1. Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat simpulan 2. Peserta didik melakukan refleksi bersama guru. 3. Pemberian tugas (Uji Kompetensi 9.1 no. 1, 2, 3, 4, dan no. 5) 4. Mengajak siswa mengakhiri pelajaran dengan melafaz hamdalah bukti rasa syukur telah menyelesaikan pelajaran dengan baik 10 menit H. Alat/Media/Sumber Pembelajaran 1. Alat : laptop, kerangka kubus, kerangka balok, penggaris 2. Sumber : Buku Panduan Guru Matematika Kls X hal 320-334, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013. I. Penilaian Hasil Belajar 1. Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis 2. Prosedur Penilaian: No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian 1. Sikap a. Terlibat aktif dalam pembelajaran geometri b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi 2. Pengetahuan a. Menjelaskan kembali unsure yang terdapat pada bangun ruang. b. Menentukan letak dan menghitung sudut pada bangun ruang Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas individu dan kelompok 3. Keterampilan a. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan geometri. Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi J. Instrumen Penilaian Hasil belajar Tes tertulis 1. Diketahui Kubus ABCD.EFGH mempunyai panjang rusuk 2 cm.Tentukan sudut yang terbentuk antara garis AH dan BH? 2. Berdasarkan soal no.1 di atas ,Jika Q adalah sudut yang terbentuk oleh Bidang BDG dan bidang ABCD, tentukan sin Q? 3 .Diberikan Balok ABCD.EFGH dengan panjang AB = 4 cm, BC = 2 cm dan CG = 3 cm. Jika Q adalah sudut yang terbentuk oleh Garis AG dengan bidang ABCD,tentukan tan sudut Q? Kunci Jawaban No langkah Kunci Skor Skor maksimum 1 I Menggambar letak sudut yang terbentuk dalam kubus Cos Q = 3 X2 5 3 3 2 2 15 2 Menggambar letak sudut yang terbentuk dalam kubus 10 3 2 20 3 Menggambar letak sudut yang terbentuk dalam kubus 10 3 2 15 50 Nilai = skor/skor maks x 100 Palembang, 2013 Mengetahui, Kepala SMA Negeri 2 Palembang Dra. Hj. Sugiharti, M.M. NIP. 195807031983012001 Guru Mata Pelajaran Dra Sritika Husdalina NIP. 196711181994032001 LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : X/2 Tahun Pelajaran : 2013/2014 Waktu Pengamatan : Indikator sikap aktif dalam pembelajaran geometri 1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten 3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten. 3. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten. Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten. 3. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten. Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. No Nama Siswa Sikap Aktif Bekerjasama Toleran KB B SB KB B SB KB B SB Keterangan: KB : Kurang baik B : Baik SB : Sangat baik LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : X/2 Tahun Pelajaran : 2013/2014 Waktu Pengamatan : Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan geometri 1. Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan geometri 2. Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan geometri tetapi belum tepat. 3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan geometri dan sudah tepat. Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. No Nama Siswa Keterampilan Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah KT T ST 1 2 3 Penilaian diri : Meminta siswa untuk membuat tanggapan secara tertulis tentang kegiatan yang dilakukan dan pemahaman terhadap konsep jarak antara titik, garis dan bidang. LEMBAR KERJA SISWA (LKS) Kelas/Semester : X/2 Mata Pelajaran : Matematika-Wajib Topik : Sudut pada bangun ruang Permasalahan 1. Ada sebuah pohon yang berada di pinggir pantai, yang tertanam dg posisi pohon agak miring terhadap tanah, pada siang hari ketika matahari memancar dari atas terlihat bayangan pohon itu pada tanah, jika panjang pohon tersebut 5 meter, dan jarak ujung pohon ke bayangannya di tanah 4 meter, berapakah besar sudut antara pohon itu dan byangannya di tanah? Permasalahan 2 Pada zaman saat ini, hampir semua orang di seluruh pelosok nusantara sudah sangat familiar dengan yang namanya laptop,baik digunakan untuk alat kerja ataupun sebagai alat komunikasi di dunia maya, sekarang dihadapan kalian semua pun ada laptop, sekarang perhatikan laptop anda ,ada bidang layar, ada juga bidang keyboard, tentukan besar sudut yang terbentuk antara bidang layar laptop anda masing-masing dengan bidang keyboardnya?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment