RANCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( PERTEMUAN KE-1 )
Nama Sekolah : SMA Negeri 8 Palembang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XI IPA 4/ Ganjil
Alokasi Waktu :
2 X 45 Menit
A. Standar Kompetensi
1. Menggunakan
aturan statistika kaidah pencacahan dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.4 Menggunakan
aturan perkalian, permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah.
C. Indikator
1.4.1 Mendefinisikan permutasi dan menggunakan
permutasi dalam pemecahan soal.
D. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mendefinisakan dan menggunakan permutasi
dalam pemecahan soal.
E. Materi ajar
a. Faktorial dari bilangan asli
Faktorial
dari bilangan asli didefinisikan sebagai berikut :
n! = n x
(n-1) x (n-2) x (n-3)! x …….. x 3 x 2 x 1
lambang n!
dibaca “n factorial”
b. Permutasi
Definisi
permutasi
Permutasi r
unsur yang diambil dari n unsur yang tersedia (tiap unsur berbeda) adalah
susunan dari r unsur itu dalam suatu urutan ( r n
).
Banyaknya permutasi r unsur yang diambil
dari n unsur yang tersedia dinotasikan dengan :
Jika r = n, maka banyak permutasi n
unsur yang diambil dari n unsur yang tersedia dinotasikan dengan :
b.1 Permutasi Dengan Unsur yang Sama
Jika dari n unsur yang tersedia
terdapat k unsur yang sama l,k, dan m unsur yang sama [ k + l + m ) ],
maka banyaknya permutasi dari n unsur ditentukan dengan aturan :
Jika ada n
unsur yang akan disusun secara melingkar maka terdapat (n-1)! Unsur yang
berbeda.
F. Metode Pembelajaran
v Ekspositori
G. Langkah Langkah
Kegiatan awal :
Ø
Apersepsi : Menyampaikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan stimulus berupa materi tentang
bagaimana mendefinisikan permutasi dan menggunakan permutasi dalam pemecahan
soal
F Bersama siswa membahas contoh soal
mengenai cara menggunakan permutasi dalam pemecahan soal;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi
siswa untuk menyajikan hasil kerja individual;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, siswa:
F
Mengerjakan
soal-soal latihan.
Kegiatan penutup :
Dalam
kegiatan penutup, guru:
§ Bersama-sama
dengan siswa
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.
§ Memberikan siswa PR.
H. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
·
Ariadi dan Yulianita, Neneng. 2012. Modul Belajar Siswa Matemtika Kelas XI
Program IPA. Palembang.
I. Penilaian
·
Teknik : Tugas individu
·
Bentuk
instrumen : Uraian
Contoh instrumen :
1.
Hitunglah
2.
Hitunglah
Penyelesaian :
1.
|
|
=
|
|
.......................
|
(10)
|
|
|
=
|
5
|
.......................
|
(10)
|
|
|
=
|
40
|
.......................
|
(10)
|
2.
|
|
=
|
|
.......................
|
(20)
|
|
|
=
|
|
.......................
|
(20)
|
|
|
=
|
|
.......................
|
(10)
|
|
|
=
|
5
|
.......................
|
(10)
|
|
|
=
|
20
|
.......................
|
(10)
|
|
|
|
Total
Skor
|
.......................
|
(100)
|
Mengetahui;
Guru Pamong
Ariadi, M.Pd
NIP : 197905142008011002
|
Palembang, 15 Oktober 2012
Guru PPL
Risnina Wafiqoh
NIM : 06091408008
|
Menyetujui;
Kepala Sekolah
Dra. Hj, Rusdiana, M.Si
NIP : 195809031985032003
|
0 comments:
Post a Comment